Sabtu, 02 Oktober 2010

Apa Itu Kelompok ?

Kelompok adalah komponen penting yang dibahas dalam Ilmu Psikologi Kelompok. Namun,Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kelompok ?.Saya merangkum beberapa pandangan ahli tentang defenisi kelompok sbb;

"...a collection of persons who are perceived to be bonded together in a coherent unit to some degree" (Baron, Branscombe, &Bryne, 2008, hlm.380). Didalam bahasa Indonesia ini menjelaskan bahwa defenisi kelompok adalah "Sekumpulan orang yang merasa terikat bersama dalam unit koheren pada bebrapa tingkatan."

"...two or more individuals in face-to-face interaction, each aware of his/her memberships in the group, each aware of the others who belong to the group, and each aware of their positive interdependence as they strive to achieve mutual goals" (Johnson & Johson, dalam Vaughan & Hogg, 2005, hlm.183). dalam bahasa Indonesia ini menjelaskan bahwa defenisi kelompok adalah "Dua atau lebih individu yang saling berinteraksi secara langsung, masing - masing peduli dengan oranglain yang menjadi anggota kelompok mereka, dan satu sama lain memiliki kepedulian dengan ketergantungan positif mereka sehingga mereka dapat berusaha mencapai tujuan bersama."
Berdasarkan dua pandangan ahli diatas mengenai apa yang dimaksud dengan kelompok. Kita bersama - sama dapat menarik kesimpulan bahwa Kelompok memiliki hal - hal sbb :
1. Terdiri dari dua orang atau lebih.
2. Mempersepsi dan dipersepsikan sebagai suatu kesatuan.
3. Adanya hubungan interaksi antar anggota satu sama lain.
4. Tiap - tiap anggota memiliki ketergantungan satu sama lain.
5. Tiap - tiap anggota memiliki tujuan yang sama.
6. Tiap - tiap anggota merasa bahwa dirinya adalah bagian dari kelompok tsb.

Berdasarkan defenisi - defenisi diatas, saya menarik kesimpulan pribadi bahwa defenisi kelompok ialah; Sekumpulan dua orang atau lebih yang berkumpul dan memiliki interaksi hubungan satu sama lain, saling membutuhkan satu sama lain dan memiliki tujuan yang sama.

Sumber Materi : Psikologi Sosial, Sarlito W Sarwono & Eko A.Meinarmo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar