Minggu, 31 Oktober 2010

PROSES DASAR DALAM KELOMPOK

Mengutip tulisan yang dibuat oleh Ibu Kiara Innata Arishanti, Spsi didalam Handout Psikologi Kelompok, terdapat empat tahap didalam proses dasar dalam suatu kelompok yaitu ; tahap forming, tahap storming, tahap norming dan tahap performing.
Pertama saya akan coba jabarkan tentang tahap norming ..
1. Tahap Norming
I. Pandangan Psikoanalisis
Menurut Freud, orang bergabung dalam kelompok karena keanggotaan dapat memuaskan kebutuhan dasar biologis dan psikologis tertentu,
Ada 2 proses pembentukan kelompok, yaitu :
a. Identifikasi
Energi emosi individu (libido) diarahkan ke dirinya dan orang lain. Individu menjadikan oranglain (orangtua) sebagai model egonya atau disebut juga dengan Ego Ideal. Penerimaan orangtua sebagai obyek kasih sayang anak akan membentuk ikatan yang kuat kepuasan melalui sense of belonging, kesalingtergantungan, perlindungan terhadap ancaman luar dan meningkatkan self development.
b. Transferen
Bagaimana pembentukan kelompok pada masa awal kehidupan individu mempengaruhi perilaku kelompok selanjutnya. Individu melihat pemimpin kelompok sebagai figur yang otoritas sebagaimana individu menganggap orang tuanya.
II. Pandangan Sosiobologi
• Menurut pandangan ini, orang bergabung dengan kelompok untuk memuaskan keinginan yang kuat untuk berafiliasi secara biologis.
• Berdasarkan teori evolusi Darwin : bergabung dengan anggota lain dari satu spesies merupakan ekspresi strategi yang stabil secara evolusioner dan cultural dari individu yang dapat meningkatkan rerata kesuksesan reproduksi,
III. Pandangan Proses Pembandingan Sosial
Menurut Leon Festinger, setiap orang membtuhkan oranglain karena mereka membutuhkan informasi tentang diri mereka dan lingkungan mereka dan kebutuhan akan informasi. Ini hanya dapat dipenuhi dari oranglain. Indivoidu membandingkan diri mereka dengan oranglain tentang keyakinan, opini dan sikap mereka – apakah benar, valid dan sesuai.
IV. Pandangan Pertukaran Sosial
Model ketertarikan kelompok, dengan mempertimbangkan :
1. Reward
2. Cost
Minimal principle (berusaha untuk mendapatkan reward yang sebesar-besarnya dan mengurangi biaya yang sekecil-kecilnya).

REFERENSI : Arishanti, Kiara Inata. 2005. Handout Psikologi Kelompok. Universitas Gunadarma : Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar